CARA MERAWAT BURAYAK YANG BARU MENETAS

Seperti artikel yang aku baca, setelah bertelur induk betina aku angkat dari wadah pemijahan. Dua hari setelahnya, telur-telur cupang itu menetas. Burayak sebesar jarum, bergerak tidak karuan naik turun sesekali jatuh ke bawah di ambil oleh induk jantan.



Tapi betapa kagetnya aku, ketika 3 hari burayak menetas, satu persatu burayak-burayak tersebut melayang tanpa nyawa alias mati. 4 wadah pemijahan semua burayak yang sudah menetas mati. Aku kaget dan bingung, tapi tidak sampai panik. Aku cari tahu sebabnya, cari artikel di internet dan buku dan menganalisa dari pengalaman sendiri. Ternyata ada beberapa penyebab :


http://localhost/cupangkayawarna/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif
  • Terlalu sering dilihat, menjadikan pejantan sering bergerak dan mengganggu keberlangsungan hidup burayak yang masih sangat rentan.
  • Telat memberikan makan. Ada beberapa artikel yang aku baca di internet tentang cara memberi makan burayak cupang, ada yang menulis 3 hari tidak perlu diberi makan, ada pula yang langsung diberi makan setelah menetas.
  • Terlalu cepat membersihkan air di wadah pemijahan. Sehingga burayak cupang kaget. Sepelan apapun gelombang air yang ditimbulkan oleh selang untuk menyedot sisa makanan, tetap saja mengganggu daya tahan burayak.
  • Cupang jantan belum berpengalaman memelihara anakan, sehingga pejantan memakan anakannya sendiri. Ini terjadi bagi indukan yang baru saja dikawinkan. Walaupun tidak semuanya demikian, sebab bergantung pula dari umur induk, jika induk sudah berumur lebih 5 bulan akan dengan cepat beradaptasi dengan statusnya.
  • Tidak memberikan makan atau lupa memberi makan pada induk jantan, makanya burayak yang seharusnya di jaga justru menjadi santapannya.
Akhirnya setelah mengetahui penyebab dan menganalisanya, merawat anakan cupang tidak berat, walaupun juga tidak mudah. Butuh ketelatenan, kesabaran dan kehati-hatian. Dari pengalaman itulah saya mau berbagi cara merawat anakan cupang pada hobbis semua :
  • Hari Pertama sampai dengan hari kedua, tidak perlu diberi makan.
  • Hari ketiga bisa dikasih makan dengan kuning telur rebus sampai hari ke 7
  • hari ke 8 sampai dengan hari 30 bisa diberi makanan cuk, cacing sutra atau kutu air secara bergantian
  • Menginjak 4 minggu dan selanjutnya bisa diberi makan cuk dan cacing sutra
Pola pemberian pakan dari burayak sampai dewasa seperti yang aku lakukan mampu menghasilkan cupang yang sehat sampai besar dengan jumlah anakan yang hidup berkisar 70 persen. Selain tentunya tetap menjaga kebersihan air di wadah pemijahan setiap 2 hari sekali di bersihkan dengan selang kecil.
O..ya aku lupa, induk jantan bisa diangkat dari wadah pemijahan setelah anakan berusia 2 minggu. Mungkin pengalamanku agak berbeda dengan para peternak ikan cupang lainnya khususnya dalam merawat anakan cupang, tetapi kenyataanya memang demikian.
Dari pengalaman yang aku ceritakan kepada anda, sebenarnya yang mau aku katakan dari pengalaman merawat ikan cupang adalah lakukan sesuai dengan pengalaman anda. Selamat merawat anakan cupang kesayangan anda.

22 komentar:

  1. amin faizun mengatakan...:

    saya punya pertanyaan apa semua jenis pelet yang di hancurkan sampai jadi bubuk mau di makan sama si anak ikannya(burayak)? dan hari ke berapa bisa di kasi makan?

  1. MisterSotoy mengatakan...:

    Kami jual Microworm yang cocok untuk pakan burayak cupang, bila minat hubungi kami di :

    085706439501 (MisterSotoy "Samaran")
    Nganjuk, Jawa Timur.

    Thanks :)

  1. fian keren mengatakan...:

    bang kalo jantannya saya ambil gara gara telurnya dimakan gak papa ta bang?

  1. Nugraha Caesar mengatakan...:

    Kuning telurnya mateng apa stengah mateng gank ?

  1. Fighting For Success mengatakan...:

    kalau mau ngasih makan, kuning telurnya di apain??
    setelah direbus langsung masukkan ke dalamnya atau kuning telurnya kita jemur dulu??

  1. Firstar mengatakan...:

    BRO Ane nanya dong, kalo bentuk telur ikan cupang itu kaya gimana sih ? yg tau jawab + kasih gambarnya dong, butuh banget

  1. agisfajar maulana mengatakan...:

    bagi pemula buidaya cupang/gupy dan membutuhkan microworm sebagai pakan burayak bisa hubungi 085223928454

  1. Khafid Khoiruddin mengatakan...:

    kalau menetas langsung jantan di angkat gak papa kan

  1. Dani Setyanto mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Dani Setyanto mengatakan...:

    microworm murah utk pakan burayak cupang.

  1. ivansblog mengatakan...:

    Kok malah ada yg jualan mw sih? Yg punya blog aja ƍäª nawarin "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮

  1. Sidiq Nightray mengatakan...:

    gan.... kolam nye harus gede ye? gimna nie klo dah bertelur di toples? ape ayee pindahin ke ember yg gedean kali yeee?

  1. Mochammad Budi mengatakan...:

    gan kuning telurnya di kasi setengah apa smuanya skaligus dalam sehari
    tlong di bLz

  1. Frans Alexander mengatakan...:

    mending gk usah di kasih kuning telur dlu gan soal nya kuning telur bisa buat burayak mati krna kuning telur membusuk...!! cuba aj kasih pake ikan tongkol yg udah di rebus ... trus agan halusi sampek bener" halus... nah begitu dah halus agan kasih dah sedikit demi sedikit!!...makanan nya gk usah terlalu banyak cukup secuil aj ,,, kyak upil gtu...!!

  1. jaka wira mengatakan...:

    ada yg di probolinggo...?

  1. Naufal Handika mengatakan...:

    izin copas ya gan :)

  1. Uccha Bloond mengatakan...:

    Gan mau nanya..!!! Pada saat berumuran brapa anak ikan bisa proses penggantian AIR..???
    Mohon pencerahnya. Terima kasih.

  1. donal bebek mengatakan...:

    thx gan infonya sangat membantu..

    www.indobettafish.com

  1. eko prayudi mengatakan...:

    klo umur 8 hari di kasih cuk,cuk nya yg segede apa?,bukanya cupang umur 8 hari itu kecil bgt,

  1. Gilang Windu kusuma mengatakan...:

    ciri-ciri telur nya gimana saya belum yau ciri-telur nya takut pas saya di kuras nanti takut salah telur nya nanti malah ke buang gimana ciri telur nya ? (:

  1. Rizki Rinanda mengatakan...:

    Maaf kakak2 qu.. yg ada jualan anak kutu air untuk burayak ikan cupang seputaran banda aceh tolong hubungi saya yae.. perlu kali.. 082272754558

  1. OZONIC refleks mengatakan...:

    Gilang Windu kusuma @ bentuk telur ikan cupang itu bulat kecil berwarna putih sob. Telur nya itu nempel di busa" yang di buat oleh cupang jantan. Makasih.
    Mampir gan.
    Http://www.ozonicx.blogspot.com/

Poskan Komentar